Monday, September 15, 2008

Meritokrasi

Amerika Serikat dan negara-negara Barat maju. Mereka adalah penguasa bumi ini. Paling tidak untuk saat ini. Dan semua negara itu adalah negara demokrasi. Maka kita suka menyimpulkan semua negara demokrasi adalah negara maju. Atau syarat untuk menjadi negara maju adalah dengan menjalankan sistem demokrasi. Benarkah?

Singapura bukanlah negara demokrasi, walaupun seperti negara demokrasi. Tapi Singapura adalah termasuk negara paling makmur di dunia. Cina jelas bukan negara demokrasi. Namun kemajuan ekonomi Cina menggetarkan semua orang. Kemungkinan besar Cina akan segera menjadi negara maju. Dengan demikian terbukti Singapura dan Cina telah mematahkan mitos demokrasi sebagai syarat untuk menjadi negara maju.

Lalu adakah kesamaan negara-negara Barat yang demokratis dengan Singapura atau Cina yang tidak demokratis? Ada! Meritokrasi! Meritokrasi adalah sistem yang membuat yang paling berkompetenlah yang berkuasa. Di barat dan di timur yang maju itu ada meritokrasi.

Meritokrasi di Barat diperoleh melalui pemilihan umum. Calon pemimpin (kepala pemerintahan ataupun partai) menyiapkan diri dari awal, mulai dari citra pribadi sampai program kerja. Kemudian hal ini dikampanyekan secara terbuka dan dikompetisikan dengan calon pemimpin yang lain. Semua ini didukung pula oleh rakyat yang terdidik yang bisa memilih secara rasional dan obyektif.

Sementara itu meritokrasi di Timur diperoleh melalui rekrutmen putra terbaik bangsa sejak awal. Putra-putri terbaik itu diseleksi dari awal untuk diberikan berbagai pendidikan dan penugasan. Yang terbaik dari yang terbaik-terbaik itulah yang diberikan kesempatan untuk memimpin dan berkuasa. Dan secara kebetulan Cina dan Singapura penganut ajaran Konfusius yang memang mengedepankan meritokrasi.

Dengan meritokrasi maka negara akan diurus oleh orang yang kompeten. pembangunan negara direncanakan dan dilaksanakan dengan baik sehingga negara akan maju. Apalagi meritokrasi ditambah dengan stabilitas stabilitas negara, maka pembagunan oleh putra terbaik itu akan berkeseninambungan. Inilah resep sukses negara maju itu.

2 comments:

mayor said...

nice info.. :)

Unknown said...

kata Anis Baswedan partai politik di indonesia bukan hanya jadi partai pencitraan tapi harus diubah menjadi partai yang sistemnya metokrasi...

Visit my blog