Friday, October 17, 2008

Sekolah Masa Depan

Sekolah masa sekarang yang menjejalkan yang fakta-fakta kepada murid tidak akan efektif lagi. Perkembangan internet terutama search engine membuat fakta-fakta itu tak mungkin tertampung lagi dalam sebuah buku pelajaran selama masa waktu sekolah.

Format sekolah masa depan adalah:

1. Memberitahukan siswa bahwa kebenaran itu hanya bisa disimpulkan dari bukti empiris (panca indra). Dan kebenaran itu bisa digantikan dengan kebenaran yang lain.

2. Melatih siswa membuat kesimpulan baik secara eksperimen langsung maupun imajiner logika secara induktif berdasarkan fakta, dan kemudian mengujinya dengan fakta yang lain (verifikasi).

3. Melatih siswa mencari fakta baik melalui pengamatan langsung, survei ataupun dari internet.

4. Menginformasikan sejarah perkembangan ilmu pengetahuan

5. Melatih siswa menghubungkan pengetahuan-pengetahuan lintas sektoral sehingga kebenaran yang diperoleh menjadi lebih komprehensif

6. Melatih siswa berbisnis: meliputi: teknik pencarian ceruk pasar, perencanaan produksi, pemasaran hasil produksi

7. Menghilangkan mental pegawai dengan menanamkan kesadaran bahwa kebebasan individu adalah segalanya. Dan dalam bekerja yang dicari adalah pelanggan, bukan bos.

8. Sekolah itu tak perlu guru sebagai sumber ilmu tapi perlu facilitator yang punya pengalaman ataupun bisa memberi umpan balik

No comments: